twitter rss

Tips Merawat Rambut Rusak

Label:


Tips 1 : 

Oleskan campuran kuning telur dan minyak zaitun sekali seminggu selama sebulan untuk membantu perbaikan rambut. Untuk membuat campuran ini gunakan satu kuning telur dengan 2 sendok makan minyak zaitun dalam satu mangkuk. Oleskan pada rambut, terutama pada bagian ujungnya. Biarkan selama beberapa menit, setelah itu bilas dengan air.

Tips 2 :
Gunakan perawatan vitamin E pada rambut anda, anda bisa, membelinya di toko atau membuatnya sendiri. Untuk pembuatan sendiri dengan cara membuka 5 sampai 6 kapsul vitamin E dan mencampurkannya dengan shampoo favorit anda. Vitamin E dapat membuta rambut anda halus, mengkilap dan sehat.
Tips 3 :
Dapatkan trim rambut secara teratur sebulan sekali. Trim ini akan menghilangkan rambut anda yang rusak dan mendorong pertumbuhan rambut lebih cepat.

Tips 4 :
Pada saat anda menggunakan pengering rambut, gunakan settingan dingin atau panas yang terendah.

Tips 5 :
Keramas sesegera mungkin setelah berenang di kolam renang, maupun di pantai. Karena keduanya ini membuat rambut anda rapuh.


Karena malas atau salah dalam memberikan perawatan rambut kering, tentu akan menyebabkan kondisi rambut akan semakin parah. Rambut patah-patah dan jauh dari kilauan keindahan rambut, semakin kering dan kusam… fyuhhh! Kasihan sekali nasib rambut ini… 

Coba ditelusuri, langkah apa yang harus Anda lakukan untuk masalah rambut kering yang sedang menjadi salah satu masalah perusak penampilan Anda, agar Anda mengetahui dengan pasti, dan segera memberikan perawatan yang baik bagi rambut kering Anda.

Jangan Keramas Setiap Hari; Orang yang rambutnya cenderung berminyak mungkin disarankan untuk mencuci rambut setiap hari. Tetapi bila rambut Anda kering, sebaiknya jangan lakukan hal ini. Mencuci rambut setiap hari akan menguras minyak alami yang ada dalam rambut. Akibatnya, rambut jadi kusam, kering, dan kusut. Keramas setiap dua hari sekali sudah cukup.
Bilas Rambut dengan Air Dingin; Anda pasti sangat menyukai mandi uap atau air yang cukup panas untuk membilas rambut Anda. Tetapi air panas tidak dapat menjaga kelembaban pada rambut Anda. Untuk itu, gunakan air dingin untuk menjaga kelembaban rambut yang dibutuhkan.
Jangan Menyisir Rambut yang Basah; Dalam keadaan basah, rambut yang kering akan sedikit rapuh. Menyisir atau menyikat rambut ketika masih lembab dan basah bisa menyebabkan rambut patah. Paling baik sih, biarkan rambut Anda mengering alami.
Istirahatkan Rambut Anda dari Alat Penataan Rambut; Seperti halnya manusia yang membutuhkan istirahat, rambut juga membutuhkan waktu untuk beristirahat. Alat-alat penataan rambut yang mengeluarkan hawa panas, seperti alat pengeriting, blow dryer, dan lainnya, dapat membuat rambut Anda menjadi semakin kering.
Lepaskan Ikatan Rambut ketika Tidur; Biarkan rambut Anda bebas ketika tidur. Rambut juga memerlukan ruang bernafas setelah seharian beraktivitas bersama Anda. Ikatan yang terlalu kuat akan menyebabkan helaian rambut tertarik, dan akhirnya rontok.
Rawat Rambut yang Dicat; Rambut yang dicat cenderung menjadi kering akibat bahan-bahan kimia. Untuk itu, Anda harus merawat rambut Anda dengan lebih cermat. Gunakan kondisioner setiap kali keramas untuk melembabkan rambut. Anda juga harus rutin merawat rambut di salon untuk melakukan creambath, masker rambut, atau hair spa.
Amati Kondisi Rambut; Dengan melihat kondisi rambut secara lebih teliti, Anda dapat mengetahui faktor-faktor yang dapat menyehatkan rambut Anda. Untuk itu Anda perlu berkonsultasi pada ahli dermatologi, sebagai salah satu solusi tepat untuk mengatasi masalah rambut kering Anda.         

         Kulit bukan satu-satunya bagian tubuh yang bisa rusak karena sinar matahari saat cuaca panas . Rambut Anda pun, juga bisa rusak karena sinar ultraviolet, termasuk juga karena elemen lain seperti klorin dan air laut.
      Musuh terbesar rambut adalah kelembaban,Selama musim panas, orang melakukan banyak cara demi melindungi kulit. Tetapi, sering lupa bahwa rambut juga butuh perlindungan yang sama.
Sinar matahari, panas dan kelembaban dapat merusak kutikula rambut. Semua jenis rambut mulai dari lembut, tebal, bergelombang atau keriting akan rusak jika sering terkena paparan panas. Untuk melindungi rambut di musim panas, Cobalah untuk menggunakan sampo dalam takaran yang tidak begitu banyak. Ini demi memungkinkan rambut menyerap lebih banyak minyak alami. Dengan kata lain, jangan terlalu sering mencuci rambut saat cuaca panas. Batasi penggunaan bahan kimia rambut seperti pewarna rambut, gel dan zat kimia pelurus rambut sebanyak mungkin.
        Hindari penggunaan produk perawatan rambut yang mengandung alkohol. Bahan ini bisa menyebabkan rambut kering. Beralihlah menggunakan produk-produk alami. Penggunaan alat penataan rambut yang menghasilkan uap panas juga harus dikurangi.
      Alat-alat panas seperti blow dryer dan flat iron cenderung membuat rambut stres. Cobalah untuk mengistirahatkan rambut sejenak di musim panas. Gunakan pengering seperti kipas angin agar rambut bisa bernapas

 Cara merawat rambut – Rambut merupakan bagian yang menjadi tolak ukur penampilan seseorang ya bisa di sebut sebagai mahkota manusia. Namun terkadang rambut tak sesuai dengan keinginan kita, seperti rambutnya kusam mudah patah bercabang atau lain sebagainya. Setiap orang tak terkecuali pria maupun wanita mendambakan rambut yang hitam berkilau sehat indah. Perawatan bagi rambut sendiri memang tidak mudah, banyak orang yang berduit merelakan sebagian uangnya untuk perawatan di salon salon.
                     Jika anda merasa hal tersebut menghambur hamburkan uang untuk itu kami akan berikan beberapa cara ampuh untuk merawat rambut sendiri di rumah. Walaupun dengan cara ini termasuk tradisional namun banyak orang percaya dengan menggunakan bahan alami akan bagus untuk kesehatan rambut itu sendiri.


- Rambut kusam

Jika anda mempunyai masalah rambut kusam atau kering pasti akan mengganggu penampilan anda entah itu sulit diatur lemah kusut atau lainnya. Untuk itu bagi anda yang memiliki tipe rambut seperti ini sebaiknya berikan kelembapan extra bagi rambut anda. Tips dari kami buatlah ramuan yang terdiri dari satu buah avokad dan dua sendok makan mayonaise dengan mencampur kedua bahan tersebut hingga berbentuk pasta. Setelah itu lulurkan ramuan tersebut pada rambut hingga merata dan diamkan sekitar 20 menit lalu bilas sampai bersih. Untuk hasil yng maksimal gunakan cara ini secara rutin.

·         - Rambut rontok

Banyak sebagian orang yang mengalami kerontokan rambut tak terkecuali para anak muda. Hal ini dikarenakan ketidak seimbangan hormon karena kehamilan genetik kulit kepala tidak sehat ataupun disebabkan karena suatu penyakit. Untuk perawatn rambut rontok ini sebaiknya buatlah ramuan dari yogurt satu butir telur dan satu sendok madu jika bisa tambahkan minyak zaitun, lalu campukan semua bahan tersebut. Jika sudah gunakan campuran tersebut pada rambut saat basah dan diamkan minimal 5 menit kemudian bilas dengan air bersih. Untuk hasil yang lebih baik gunakan cara ini rutin minimal seminggu dua kali.

·         - Nutrisi dari dalam

Jika dari luar sudah anda lakukan sebaiknya imbangi juga dengan perawatan dari dalam. Nutrisi rambut dari dalam tersebut sangat penting sebab rambut juga membutuhkan nutrisi dari dalam dan tak hanya dari luar saja. Makanan makanan yang anda makan menentukan kadar nutrisi bagi rambut anda. Nutrisi dari dalam tersebut mencangkup segalanya termasuk kekusaman rambut dan kerontokan rambut. Usahakan makan makanan yang banyk mengandung nutrisi bagi rambut anda, seperti : Gandum Kenari Lemak ikan Susu rendah lemak Tiram Udang dan Biji rami. Makanan makanan tersebut banyak mengandung nutrisi penting bagi rambut anda.


·         Rambut itu ibarat mahkota bagi wanita. Setiap wanita pasti ingin mempunyai rambut yang indah. Namun karena perawatan yang salah malah bisa mengakibatkan kerusakan rambut. Berbagai masalah rambut seperti ketombe, rambut rontok, rambut kaku, rambut kusut, rambut bercabang, serta beberapa masalah rambut lainnya bisa diatasi dengan cara merawat rambut yang benar.



Berikut ini adalah beberapa tips cara merawat rambut yang benar berdasarkan jenis rambut kita :

·         

1.Rambut berminyak

Gunakan shampoo dan conditioner yang ringan. Jangan menyisir rambut terlalu sering. Jangan pula memegang rambut terlalu sering karena akan membuat rambut jadi mudah kotor. Jenis sisir yang kita gunakan adalah sisir dengan gigi yang jarang. Hindari penggunaan sisir yang rapat ataupun sisir yang berbentuk sikat.

2. Rambut kering dan rusak
Gunakan conditioner yang mengandung pelembab. Hindari proses pewarnaan dan pengeritingan. Pada saat keramas, pijat dan gosok kulit kepala dengan lembut

3. Rambut kombinasi (kulit kepala berminyak tetapi kondisi ujung rambut kering)
Gunakan shampoo hanya kulit kepala dan conditioner hanya pada ujung rambut. Untuk menghindari ujung rambut bercabang, lakukan pengguntingan ujung rambut setiap 6 minggu. Selain itu, gunakan sisir bergigi jarang dan hindari sisir yang berbentuk sikat.

4. Rambut rontok
hindari menyisir terlalu keras serta jangan terlalu sering mencuci rambut

5. Rambut dengan ketombe
Gunakan shampoo anti ketombe sesering mungkin dan segera hentikan saat ketombe mulai berkurang. Hindari menggaruk kulit kepala untuk mencegah infeksi. Segera konsultasi ke dokter apabila setelah pemakaian shampoo anti ketombe dalam 2 minggu tidak ada perubahan atau bahkan kulit kepala malah terasa sakit, gatal, atau meradang


Selain melakukan perawat sesuai degan jenis rambut seperti diatas, kita juga harus menjaga asupan gizi makanan yang kita konsumsi. Selain itu bila kita merasa rambut kita kurang sehat, kita bisa memotong pendek rambut kita sambil melakukan perawatan sampai rambut kita pulih kembali.


·         
·          

Catagoris

Catagoris

Catagoris