twitter rss

Berdo’alah Sepenuh Hati

Label:


Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Saudaraku..jika kita memiliki keinginan,sebelum kita ikhtiar lahir hendaklah kita ikhtiar batin dengan cara berdo’a sepenuh hati agar Allah meridhai.Untuk itulah kita perlu mengetahui tata cara (adab) dalam berdoa,di antaranya:

1. Menanti waktu-waktu yang mulia,seperti pada sepertiga akhir dari waktu-waktu malam dan waktu sahur (yakni menjelang masuk waktu subuh),bulan ramadhan,hari jumat dan hari Arafah.

2. Mempergunakan kesempatan pada momen-momen yang mulia,seperti ;saat bersujud,turunya hujan, bertemu tentara musuh dan sesudah shalat.

3. Menghadap kearah kiblat,mengangkat kedua tangan dan mengusapkan keduanya ke wajah pada akhir waktu do’a. Sebagaimana yang diriwayatkan dalam kitab Shahih Tirmidzi dari’Umar bin Khaththab Radhiyallahu’Anhu, ia berkata:

“Bahwa Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam jika mengangkat kedua tangannya dalam berdoa,beliau tidak akan menurukannya kecuali setelah mengusapkannya ke wajahnya”

4. Merendahkan suara.

5. Tidak memaksakan berdo’a dengan bersajak,karena hal itu berlebihan dalam berdoa. Lebih baik berdo’a dengan doa Ma’tsurah (Menurut Al Qur’an dan As Sunnah).

6. Berdoa dengan sikap merendahkan diri, khusyu dan penuh harap cemas ,sebagaimana yang dituntunkan oleh oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala di dalam firman-Nya:

“..dan mereka berdoa kepada Kami dengan harap dan cemas. Dan mereka adalah orang-orang yang khusyu’ kepada Kami”. (Q.S. Al Anbiya : 90).

7. Menetapkan apa yang menjadi permintaannya,serta berkeyakinan akan dikabulkan doanya, dan berharap akan dikabulkannya itu dengan sikap ketulusan yang murni.

8. Mengulanginya sebanyak tiga kali.

9. Memulai do’a dengan berdzikir serta menyebut Asma Allah.

10. Dan unsur terpenting sebelum kita berdoa adalah taubat, dimana ia (sikap taubat) mampu menolak bentuk-bentuk kezhaliman dan menghadap kepada Allah dengan hati yang bersih dari noda.

Di antara tata cara doa yang lainnya adalah menghadirkan do’a dalam qalbu. Sebagaimana apa yang diriwayatkan dalam kitab Shahih milik Imam At Tirmidzi dari Abu Hurairah Radhiyallahu’Anhu, dimana ia berkata bahwa Rasulullah Shallallahu “Alaihi wa Sallam bersabda :

“Berdoalah kalian kepada Allah, dan kalian (harus )yakin atas dikabulkannya doa kalian itu. Ketahuilah oleh kalian, bahwa Allah Subhanahu wa Ta’ala tidak akan memperkenankan doa dari qalbu yang lalai” (Hadist Riwayat At Tirmidzi).

Posting Komentar

Catagoris

Catagoris

Catagoris