twitter rss

Khasiat buah Kresem

Label:



Kresem merupakan buah yang rasanya manis yang banyak ditemukan dimana-mana. Ada di jalan, pekarangan, ladang, halaman, dekat trotoar, dan lain sebagainya. Ini dikarenakan pohon kresem yang merupakan pohon peneduh. Seperti buah apel, buah kresem pun jugamempunyai banyak manfaat dan khasiatnya.

Buah kresem ini juga disebut dengan buah ceri atau Muntingia calabura atau juga disebut dengan talok. Memiliki wujud buah yang kecil dengan warna merah jika saatnya matang. Buah kersen memiliki banyak khasiat atau manfaat serta kandungan yang bermanfaat bagi tubuh. Dan juga buah kresem banyak digunakan sebagai obat herbal atau obat tradisional. Mau tahu khasiat dan manfaat serta cara pembuatan obat herbal dengan buah kresem adalah sebagai berikut ini.
Kandungan:
- vitamin c
- flavonoid
Khasiat:
- antidiabetes
Cara pengolahan:
50 – 100 g daun kresem yang telah dicuci bersih direbus dalam 1 liter air hingga mendidih dan tersisa separuhnya. Hasil rebusan itu diminum 2 kali sehari. Jika menggunakan ekstrak daun kering, 2 – 5 g diseduh dalam 200 ml air.
Ditinjau dari segi kandungan gizinya buah kresem tidak kalah dengan buah yang lain misalnya mangga. Kandungan vitamin C buah mangga 30 mg, sedangkan pada buah kresem 80,5 mg, selain itu kandungan kalsium pada buah kresem 124,6 mg, jauh lebih banyak dari buah mangga yang hanya 15 mg.

“Di Indonesia secara tradisional buah kresem digunakan untuk mengobati asam urat dengan cara mengkonsumsi buah kresem sebayak 9 butir 3 kali sehari dan terbukti dapat mengurangi rasa nyeri yang ditimbulkan dari penyakit asam urat,rebusan daun kresem juga memiliki khasiat anti radang dan menurunkan panas bahkan kandungan dan rebusan daun kresem ternyata dapat berkhasiat sebagai pembunuh mikroba berbahaya dan dapat digunakan sebagai anti septik.
 Berikut beberapa manfaat daun dan buah kersen:
  1. Antiseptik Rebusan daun kresem ini ternyata mempunyai khasiat dapat membunuh mikroba atau sebagai antiseptik. Rebusan daun kresem terbukti dapat membunuh bakteri sbb: C. Diptheriae , S. Aureus, P. Vulgaris, S. Epidemidis, dan K. Rhizophil. Diduga aktivitas anti bakteri dari daun kersen ini disebabbkan oleh adanya kandungan senyawa seperti tanin, flavonoids dan saponin yang dimilikinya.
  2. Antiinflamasi Rebusan daun kresem juga mempunyai khasiat untuk mengurangi radang (antiinflamasi) dan juga menurunkan panas.
  3. Antitumor Daun kresem dilaporkan juga mempunyai efek anti tumor, dimana kandungan senyawa flavonoid yang dipunyai daun kresem ini ternyata dapat menghambat pertumbuhan sel kanker secara invitro/laboratoris.
  4. Anti Uric Acid (Asam Urat) Di Indonesia secara tradisional buah kresem telah digunakan untuk mengobati asam urat dengan cara mengkonsumsi buah kresem sebayak 9 butir 3 kali sehari. Hal ini terbukti dapat mengurangi rasa nyeri yang ditimbulkan dari penyakit asam urat tsb.

Catagoris

Catagoris

Catagoris