twitter rss

Sinarilah Rumah Dengan Al-Qur’an

Label:


Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh..

Sahabat saudaraku fillah.. Shalallahu Alaihi wa Sallam bersabda : “Sinarilah rumah-rumah kamu sekalian dengan shalat sunat dan bacaan Al Qur’an“ (HR.Baihaqi). 


Rumah tampak terang benderang menurut pandangan Allah apabila di dalamnya selalu ada ayat-ayat suci Al Qur’an yang dibaca. Cahaya ini bukan berasal dari lampu penerangan rumah, tetapi cahaya ini berasal dari setiap huruf, kata, kalimat, dan ayat-ayat yang dibaca. Lalu di tela’ah menjadi sinar yang menerangi hati, menjadi cahaya Ilahi serta menerawang dalam setiap relung kehidupan.Oleh karenanya hati menjadi lega, pemaaf, dermawan dan sifat terpuji lainnya.Dalam hadits lain Rasulullah Shalallahu Alaihi wa Sallam menegaskan :


“Dan tidaklah suatu kelompok yang ada di dalam masjid Allah merasa tenang, kecuali mereka membaca kitab Allah serta berusaha menyingkapkan kata-kata kepada pengertian yang benar dari ayat yang dibaca.“ Abu Hurairah Rhadiyallahu Anhu berkata, “Rumah yang didalamnya dibacakan Al Qur’an akan dilimpahi kebaikan, dihadiri para malaikat dan akan dijauhi oleh syetan. Dan rumah yang dialamnya tidak pernah dibacakan Al Qur’an, akan terasa sempit, tidak ada kebaikan, didatangi oleh syetan dan dijauhi oleh malaikat“ (Az-Zuhud). “Diceritakan, ada seorang lelaki mengeluh kepada Rasulullah Shalallahu Alaihi wa Sallam. “Ya Rasulullah dadaku terasa sempit dan sesak nafasku.” Rasulullah Shalallahu Alaihi wa Sallam menjawab, “Bacalah Al Qur’an “ (HR. Abu Said Al Khudry).



Para kaum shalafus shalihin (orang-orang shaleh) menjadikan Al Qur’an selain sebagai sumber hukum, juga sebagai penyiram dan penyejuk hati di tengah gersangnya kehidupan serta menjadikan Al Qur’an sebagai wirid dalam beribadah. Ia menjadi petunjuk dan rahmat bagi manusia, sedangkan di akhirat kelak ia akan menjadi syafa’at bagi para pembacanya.Sangat dianjurkan ketika membaca Al Qur’an sekaligus menghayati maknanya. Al-Qur’an memiliki keutamaan yang luar biasa, dan karenanya layak jika Al-Qur’an dijadikan sebagai mukjizat terbesar yang diberikan-Nya kepada Nabi Muhammad Shalallahu Alaihi wa Sallam.

Demikianlah saudaraku,mari jadikan rumah kita sebagai majelis ta’lim yang di dalamnya selalu dilantunkan ayat-ayat suci Al-Qur’an agar mampu menjadi obat dan penawar bagi hati kita serta agar cahaya rahmat-Nya selalu menyinari rumah kita yang pada gilirannya akan menghadirkan rasa ketenangan dan kedamaian pada penghuninya.

Saudaraku..silahkan ditag/share,silahkan kunjungi halaman kami dengan KLIK link di bawah ini lalu klik SUKA sehingga bisa menandai catatan.Insya Allah bermanfaat. 

Posting Komentar

Catagoris

Catagoris

Catagoris